Rabu, 12 September 2018

MODEL INOVASI PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERKARAKTER



MAKALAH


MODEL INOVASI PENGELOLAAN
PENDIDIKAN BERKARAKTER PADA SMPN 8 KOTA BENGKULU

Disampaikan untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat
Menempuh Mata Kuliah Inovasi Pengelolaan Pendidikan
Program Studi Magister / Manajemen Pendidikan
PPs FKIP Universitas Bengkulu  Semester 2 Tahun Akademik 2013/2014
Dosen : Dr. Osa Juarsa, M.Pd




Oleh


JON SASTRO


PROGRAM STUDI
MAGISTER ADMINISTRASI/MANAJEMEN PENDIDIKAN
PROGRAM PASCASARJANA FKIP
UNIVERSITAS BENGKULU
2013
KATA PENGANTAR
Bismillahirramanirrahim

Assalamualaikum wr.wb
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya Makalah tentang model inovasi pengelolaan pendidikan berkarakter. Dengan adanya Makalah ini kita dapat mengetahui pengertian Inovasi dan dapat membuat inovasi sendiri tentang Pendidikan.
Penulisan makalah ini adalah salah satu tugas mata Kuliah Inovasi Pengelolaan Pendidikan Dalam penulisan makalah ini kami merasa masih banyak kekurangan baik dalam teknis penulisan maupun materi, mengingat kemampuan yang dimiliki kami. Serta kami mengucapkan banyak terima kasih untuk pihak-pihak yang telah membantu kami. Semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal kepada mereka yang telah memberikan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung. Amin Yaa Rabbal ‘Alamiin.
Wassalamualaikum wr.mb

                                                                        Bengkulu,     September 2013

                                                                                                Tim Penyusun

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ...........................................................................................  i
DAFTAR ISI ...........................................................................................................  ii
TABEL ....................................................................................................................  iii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang .............................................................................................. 1
B.     Tujuan Inovasi .............................................................................................. 2
C.     Manfaat Inovasi ............................................................................................ 3

BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Inovasi....................................................................................... 4
B.     Inovasi pendidikan berkarakter di SMP N 8 kota Bengkulu......................... 5
C.     Kelebihan dan Kekurangan........................................................................... 6
D.    Gagasan perbaikan......................................................................................... 6

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan.................................................................................................... 7
B.     Saran ............................................................................................................. 7

DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 8

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat merambah kedalam berbagai aspek kehidupan tanpa terkecuali dalam bidang pendidikan merupakan suatu upaya untuk menjembatani masa sekarang dan masa yang akan datang dengan jalan memperkenalkan pembaharuan-pembaharuan yang membawa kecenderungan menuju efisiensi dan efektifitas.
Suatu pembaharuan berjalan seiring dengan perputaran zaman yang tidak ada hentinya dan terus berputar sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Dalam hal ini kebutuhan mengenai layanan individual terhadap peserta didik dan segala macam perbaikan terhadap kesempatan belajar bagi mereka telah menjadi faktor pendorong utama timbulnya suatu pembaharuan dalam pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam suatu instansi atau lembaga pendidikan harus mampu mengatasi perkembangan tersebut dengan selalu mengupayakan suatu program yang sesuai dengan perkembangan anak, perkembangan zaman, situasi, kondisi dan kebutuhan peserta didik.
Salah Satu Inovasi Pendidikan di Indonesia adalah pendidikan Berkarakter. Pendidikan berkarakter adalah suatu sistem penanaman nilai – nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai – nilai baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa diri sendiri , sesama lingkungan.
Dan Berdasarkan tujuan pendidikan NasionaL bahwa Pendidikan disetiap jenjang termasuk sekolah menengah pertama ( SMP ) harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai suatu tujuan. Hal tersebut berkaitan dengan pebentukan karakter peserta didik khususnya SMPN Negeri 8 Kota Bengkulu sehingga mampu bersaing , beretika , bermoral , sopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat.
Pendidikan berkarakter adalah suatu sistem penanaman nilai – nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai – nilai baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa diri sendiri , sesama lingkungan.
B.     Tujuan Inovasi
Tujuan utama dari inovasi pendidikan adalah berusaha meningkatkan kemampuan yakni kemampuan dari sumber-sumber tenaga, uang, sarana dan prasarana temasuk struktur dan prosedur organisasi agar semua tujuan yang telah direncanakan dapat dicapai secara optimal.  Tujuan Inovasi Yaitu :
1.      Memotivasi kesadaran pribadi dari setiap warga SMP Negeri 8 Kota Khususnya Siswa/ Siswi SMPN 8.
2.      Memotivasi Siswa Penting Kebersihan


C.    Mamfaat Inovasi
Manfaat diadakannya inovasi diantaranya dapat memperbaiki keadaan sebelumnya kearah yang lebih baik, mendorong untuk terus mengembangkan pengetahuan dan wawasan, menumbuhkembangkan semangat dalam belajar.



BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian Inovasi Pendidikan
Pengertian Inovasi pendidikan ialah suatu perubahan yang baru dan bersifat kualitatif, berbeda dari hal yang ada sebelumnya serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan dalam rangka pencapaian tujuan tertentu pendidikan.
Maksud dari kata “baru” dalam pengertian tersebut adalah apa saja yang belum dipahami, diterima, atau dilaksanakan oleh si penerima inovasi meskipun mungkin bukan merupakan hal yang baru lagi bagi orang lain. Sementara itu, maksud kata “kualitatif” adalah bahwa inovasi tersebut memungkinkan adanya reorganisasi atau pengaturan kembali unsur – unsur dalam pendidikan. Jadi, bukan semata – mata penambahan atau penjumlahan dari unsur – unsur komponen yang ada sebelumnya.
Dalam kaitan ini Ibrahim (1989) mengatakan bahwa inovasi adalah penemuan yang dapat berupa sesuatu ide, barang, kejadian, metode yang diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat). Maka dapat ditarik kesimpulan Ibahwa Inovasi pendidikan adalah penemuan yang dapat berupa sesuatu ide, barang, kejadian, metode yang diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi dunia pendidkan.


B.     Inovasi Pendidikan Berkarakter di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu
Pelaksanaan berkarakter di SMP N 8 sebagai salah satu inovasi dalam pembelajaran perlu segera dilakukan dengan melakukan berbagai bentuk strategi khusus di tingkat sekolah. Hal ini diharapkan agar tujuan pembelajaran dengan mengarah kepada pembentukan karakter dapat di capai yaitu membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila. Sehingga Strategi Pembelajaran Berkarakter disekolah harus disusun dengan mengacu pada beberapa komponen yaitu strategi Kegiatan Pembelajaran, Pengembangan budaya Sekolah dan Pusat Kegiatan Belajar, kegiatan ekstrakurikuler, dan Kegiatan keseharian di rumah dan di masyarakat.
Sasaran pendidikan karakter bangsa adalah siswa – siswi SMPN 8 Kota Bengkulu warga sekolah yang meliputi para peserta didik, guru, karyawan, dan pimpinan sekolah yang menjadi sasaran program ini. Melalui program ini diharapkan kelulusan SMP Negeri 8 Kota Bengkulu memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkompetensi akademik yang utuh dan terpadu sekaligus memiliki kepribadian bangsa yang sesuai norma – norma yang berbudaya Indonesia.
Pelaksanaan karakter ( Nilai –nilai ) di SMP Negeri 8 sudah dilaksanakan sejak bulan Januari 2010  sampai dengan sekarang yang meliputi 6 jenis karakter diantaranya :
1.      Religius           
2.      Peduli Lingkungan    
C.      Kelebihan dan Kekurangan
·         Kelebihan
1.      Terkendalinya perilaku menyimpang di kalangan pelajar.
2.      menentukan bagi kualifikasi siswa dan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan atau kegagalan masa depan
·         Kekurangan
1.      Perlengkapan untuk sholat masih sangat minim misalnya Alat-alat Sholat, tempat berwudhu.
2.      Musholah belum memadai untuk jumlah siswa yang sebanyak 850 siswa
3.      Bank sampah belum standar.
D.     Gagasan Perbaikan
1.      Siswa disuruh membawa alat sholat dari rumah seperti mukenah.
2.      Tempat sementara menggunakan tempat berwudhu guru dan TU.
3.      Dilaksanakan setiap hari dengan jadwal sholat dan kegiatan Imtaq yang telah disesuaikan.
4.      Untuk sementara membuat lubang pengganti bank sampah dikarenakan dana sekolah belum cukup.
           


BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Pengertian Inovasi pendidikan disini ialah suatu perubahan yang baru dan bersifat kualitatif, berbeda dari hal yang ada sebelumnya serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan dalam rangka pencapaian tujuan tertentu pendidikan.
Tujuan utama dari inovasi pendidikan adalah berusaha meningkatkan kemampuan yakni kemampuan dari sumber-sumber tenaga, uang, sarana dan prasarana temasuk struktur dan prosedur organisasi agar semua tujuan yang telah direncanakan dapat dicapai secara optimal.
Inovasi pendidikan sebagai usaha perubahan pendidikan tidak bisa berdiri sendiri, tapi harus melibatakan semua unsur yang terkait di dalamnya, seperti inovator, penyelenggara inovasi seperti guru dan siswa.

B.     Saran
Dalam peyusunan makalah ini masih bayak sekali terdapat kekurangan terutama dalam penulisan materi dan isi dari materi makalah ini,untuk itu saran kami butuhkan.



DAFTAR PUSTAKA
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
 http://chan22.blogspot.com/2013/05/inovasi-pendidikan.html
 http://smp8bkl.versi1.com/      
http://masimamgun.blogspot.com/2010_11_01_archive.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar