Jumat, 07 September 2018

TRUE STORIES OF CRIME & DETECTION


RESENSI


Judul buku : TRUE STORIES OF CRIME & DETECTION
        (Ada 9 story)
pengarang: gill harvey
penerbit : PT primamedia pustaka, 2004
harga : RP 17.500.-
kertas isi : HVS, 160 halaman


PRIA DENGAN BANYAK SAMARAN
            pada abad ke-19 ada seorang penjahat cerdas bernama Vidocq dari prancis, dia bukan perampok atau pembunuh,  suatu hari dia di tahan polisi karena menyamar dan mengaku seorang kapten AD. suatu hari dia di kirim ke penjara galley dan sempat kabur beberapa kali. dengan kcerdasannya dy mendapat 2 pilihan dari polisi “ mau kembali ke galley atau membantu polisi dalam memburu penjahat. tentu saja dy memilih pilihan ke2. dan akhirnya kejahatannya berbalik dengan kebaikan, dy sekarang menjadi seorang agen rahasia, satu demi persatu dy telah berhasil menangkap para penjahat.

PEMBUNUH TANPA MAYAT
sejak itu wanita tua bernama durand deacon hilang, kabarnya hari itu dy ingin pergi ke suatu tempat untuk bertemu temannya, tapi hari demi hari berlalu ia tak juga kembali. kemudian datang lah seorang pria mengaku teman dari deacon, pria itu berkata kalau dia mencari deacon, tetapi polisi sangat curiga dengan tingkap pria tersebut, dy diperiksa, dan dy punya sebuah gudang yang banyak terdapat cairan asam,  setelah di periksa polisi mendapat bukti endapan daging manusia. ternyata pria itu tlah membunuh 9 orang . ia pun ditahan.
SENIMAN SAKIT HATI
Seorang seniman bernama van meegeren, dtahan oleh polisi. kisahnya dia seorang pelukis yang hebat, beberapa penghargaan telah ia raih, tapi setelah ada pelukis yang sangat terkenal, ia terpuruk, , ia protes kepada kritikus. dan berkata “ anda bukan menilai bagusnya lukisan, tapi anda menilai orang yang lebih terkenal”. dia sangat sakit hati. suatu saat dia mempunyai rencana memalsukan lukisan lama yang dilukis oleh pelukis terkenal. selama 6 bulan melakukan eksperimen, ia berhasil memalsukan lukisan dengan melampirkan tanda tangan pelukis asli. dan lukisan itu di akui tanpa kecurigaan, dan ia pun mendadak kaya. sudah banyak lukisan palsu yang dy buat, kecurigaan mulai gempar, kemudian semuanya terungkap, dunia mengagumi kehebatan van meegeren. tapi penipuan tetaplah harus dihukum.
SHERLOCK HOLMES VERSI AMERIKA
Di AS, 1920-an, Edward Oscar heindrich membangun reputasinya yang sangat luar biasa sebagai profesor kriminology,dalam tahun ini berhasil memecahkan 2 masalah serius. kasus pertama perampokan  kereta api, ia berhasil mengidentifikasi pelaku dengan caranya. kasus kedua tentang pabrik sutera palsu, dia berhasil mengungkapkan kepalsuan dalam kasus ini.



PRIA YANG MENJADI ORANG LAIN
suatu penipuan yang gencar di seluruh penjuru kota, awalnya datang seorang pria, dia mengaku kepada setiap perempuan kalau dy adalah orang kaya, dy sangat pandai merayu sehingga banyak yang terpesona terhadap pria tersebut. setelah sadar bahwa mereka di tipu, mereka melapor kepada polisi, sehingga terjadi lah pengejaran. suatu hari seorang pria tertangkap, dy di tuduh yang melakukan penipuan itu, tapi pria itu berkata dy sama sekali tidak mengerti kesalahannya, tapi dy tetap ditahan. setelah lama bebas dy tertangkap lagi dengan tuduhan sama, tetapi saat itu penipuan tersebut terus terjadi. dan pelaku yang sebenarnya tertangkap,  mereka sangat mirip, inilah yang membuat kekeliruan penangkapan.
DALAM LAUTAN INFORMASI
            di inggris selatan keterpurukan polisi terjadi pada juli 1975 – januari 1981. seorang pembunuh “jack the ripper” berhasil membunuh dan mencidrai 13 orang tanpa meninggalkan bukti, sehingga membuat polisi mati langkah dalam pengungkapan kasus ini. segudang informasi yang di dapat polisi, tetap saja polisi tak mampu menyelesaikan kasus ini, pada suatu malam hari,dengan tidak sengaja polisi menangkap mobil yang dicurigai, ternyata pelaku pembunuhan adalah pengemudi mobil itu, polisi menemukan pisau dan martil yang sering dy gunakan untuk membunuh, so pria tersebut di tahan seumur hidup.
RAHASIA SANG DOkTER
semua tidak ada curiga dengan dr.harold shipman tentang kematian pasiennya. tapi ada seorang bertanya kepada dokter tersebut tentang kematian ibunya, dy tidak percaya ibunya meninggal begitu saja, dan surat wasiat telah berubah, semua harta di berikan kepada dokter tersebut, tak ada sedikit pun buat anaknya. dokter pun diperiksa polisi, ternyata dy telah memalsukan surat wasiat tersebut, dan kematian pasiennya bukan karena penyakit tetapi karena obat yang diberikan si dokter tersebut, akhirnya semua terungkap sekitar 234 pasien yang meninggal karena perbuatannya.

PENCULIKAN DEMI UANG TEBUSAN
seorang anak bernama paul III diculik gerombolan mafia, ia seorang cucu paul I orang yang sangat kaya, tapi hanya sedikit harta yang paul lII nikmati, perampok menelpon keluarga paul dan meminta uang tebusan USD 17 juta. paul I tidak percaya, dy beranggapan kalau semua ini akal-akalan paul III,. bulan demi bulan berlalu, dapat sebuah kiriman dari perampok isinya surat dan potongan telinga paul III. kemudian paul I mengambil tindakan, dy mita tawaran terhadap penculik, shingga penculik hanya minta USD 3,2 juta. paul III dibebaskan, tapi tak lama kemudian mafia-mafia tersrbut berhasil di tangkap.

DALAM PELARIAN
seorang penjahat bernama ronnie sudah hal biasa keluar masuk penjara. ronnie baru saja berhasil melarikan diri dari penjara setelah merampok kereta surat. ia melarikan diri ke luar negri dan oprasi plastik wajah di paris, kemudian pindah ke australia, tapi ronnie pun diketahui oleh kepolisian inggris, dan ia pun pindah ke brazil, disana ia tenang, ia punya pacar disana, suatu saat ronnie diketahui polisi inggris dan mau menahanya, tapi semua tidak terjadi karena jika sudah menjadi warga negara dan punya keluarga brazil dy tidak bisa lagi di tahan inggris, ronnie pun tidak di tangkap, tapi setelah bertahun-tahun ronnie rindu akan inggris, ia pergi ke inggris tapi inilah akhir kebebasan ronnie, dy ditangkap polisi inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar