Rabu, 12 September 2018

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIDKAN






MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIDKAN


KOMPILASI MATA KULIAH

Disampaikan untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat
Menempuh Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Pendididkan
Program Studi Magister/Manajemen Pendidikan
PPs FKIP Universitas Bengkulu Semester 2 Tahun Akademik 2013/1014
Dosen Dr. Aliman, M.Pd


 






Oleh

JON SASTRO


PROGRAM STUDI
MAGISTER ADMINISTRASI/MANAJEMEN PENDIDIKAN
PROGRAM PASCASARJANA FKIP
UNIVERSITAS BENGKULU
2013



Kompilasi Mata Kuliah
I.                   Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah              : Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan (MSDMP)
Bobot SKS                 : 3 (Tiga) SKS
Semester                     : 2 (dua)
Waktu Pertemuan     : 3x50 menit
Dosen                          : Dr. Aliman, M.Pd.

II.                Manfaat mata kuliah
Mata kuliah manajemen SDM pendidikan memberikan wawasan tentang konsep dasar tentang manajemen SDM pendidikan, manajemen SDM berbasis hubungan manusia, proses manajemen SDM, implementasi SDM pendidikan, Pengembangan dan analisis SDM pendidikan, Penempatan dan pengembangan SDM, dan SDM Pendidikan guru professional.

III.             Deskripsi
Mata kuliah ini mengandung materi Pengantar manajemen SDM pendidikan, manajemen SDM berbasis hubungan manusia, proses manajemen SDM, implementasi SDM pendidikan, Pengembangan dan analisis SDM pendidikan, Penempatan dan pengembangan SDM, dan SDM Pendidikan guru professional.

IV.             Standar kompetensi
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu, 1) memahami pengertian, pentingnya serta fungsi dari manajemen SDM pendidikan, 2) memahami manajemen SDM berbasis hubungan manusia, 3) memahami bagaimana proses manajemen SDM, 4) mengimplementasikan SDM pendidikan, 5) mengembangankan dan menganalisis SDM pendidikan, 6) mampu memahami Penempatan dan pengembangan SDM, dan 7) memahami criteria-kriteria SDM Pendidikan untuk mewujudkan guru professional.

V.                Strategi perkuliahan
Strategi perkuliahan yang digunakan yaitu dengan metode perkuliahan yang menyenangkan,   menantang,   dan   bervariasi.


VI.             Sistem penilaian
Jenis Penilaian
Ø  Kehadiran dan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan Penugasan kepada mahasiswa berupa:
Ø  Membuat tugas individu yaitu mendesain kompilasi mata kuliah manajemen sumber daya manusia pendidikan
Ø  Ujian Tengah Semester (UTS)
Ø  Ujian Akhir Semester (UAS)

Pembobotan Nilai
Ø  Kehadiran dan partisipasi dalam kuliah     5 %
Ø  Tugas                                                        30 %
Ø  Ujian Tengah Semester (UTS)                 30 %
Ø  Ujian Akhir Semester (UAS)                   35 %
Ø  Jumlah pembobotan penilaian                100 %

VII.          Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan
Pokok Bahasan         : Pengantar MSDMP
Hari dan tanggal       : Jumat, 6 september 2013
Pertemuan ke-           : 1(satu)
Sub pokok bahasan
Tujuan
·         Pengertian dan pentingnya manejemen
·         Pengertian dan pentingnya SDM
·         Pengertian dan pentingnya Pendidikan
·         Fungsi manajemen SDM

·         Dapat memahami arti dan pentingnya suatu manajemen, arti dan pentingnya SDM, serta arti dan pentingnya sebuah pendidikan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga setelah memahami arti dan pentingnya manajemen sumber daya manusia pendidikan dapat terwujudnya SDM yang berkualitas.
·         mampu menelaah sumbangan manajemen SDM sebagai sub sistem dari system organisasi terhadap pencapaian tujuan organisasi.
·         Dan juga memahami fungsi dan kegiatan manajemen SDM
Pokok Bahasan         : MSDM berbasis hubungan manusia
Hari dan tanggal       : Sabtu, 14 september 2013
Pertemuan ke-           : 2(dua)
Sub pokok bahasan
Tujuan
Pendekatan terhadap manajemen SDM pendidikan
·         Diagnosis
·         Evaluasi
·         Desain
·         Implementasi
·         Mampu memahami dan menjelaskan analisis lingkungan, pekerjaan, memahami kebutuhan-kebutuhan atau kelemahan-kelemahan di dalam sistem yang ada sekarang.
·         Mampu memahami suatu proses evaluasi seperti, Menentukan kriteria yang relevan, Menilai praktik-praktik yang berjalan serta Menilai kecanggihan praktik-praktik berlangsung.
·         Mampu menjelaskan dalam mengintegrasikan kecanggihan praktik- praktik yang ada dan dapat  mengidentifikasi peran computer serta memahami dalm memformulasikan sistem yang komprehensif.
·         Dapat memahami dalam menentukan orang-orang yang bertanggungjawab dan mampu memformulasikan rencana-rencana untuk memantau aplikasi


Pokok Bahasan         : proses MSDM
Hari dan tanggal       : Sabtu, 21 september 2013
Pertemuan ke-           : 3(tiga)
Sub pokok bahasan
Tujuan
·         Pengadaan SDM
·         Pemeliharaan SDM
·         Pengembangan SDM
·         Mampu memahami kegiatan recruitment, mulai dari perencanaa, pengumuman, pelamaran, penyaringan sampai dengan pengangkatan dan penempatan.
·         Mampu memahami maintenance SDM yang merupakan tanggung jawab pemimpin seperti tujuan dari pemeliharaan.
·         Mampu memahami bagaimana tahap ke tahap dalam mengembangkan SDM dengan melalui pedidikan dan pelatihan.

Pokok Bahasan         : implementasi SDMP
Hari dan tanggal       : Sabtu, 28 september 2013
Pertemuan ke-           : 4(empat)
Sub pokok bahasan
Tujuan
·         Tujuan manajemen SDM
·         Tingkat keberhasilan pemimpin
·         Fungsi personalia pemimpin
·         Mampu memahami dari tujuan manajemen sumber daya manusia
·         Memahami memahami tingkat keberhasilan dari seorang pemimpin dalam mengelola tenaga kependidikan yang ada di sekolah/lembaga
·         Dapat menyebutkan kriteria-kriteria fungsi personalia seorang pemimpin


Pokok Bahasan         : Pengembangan dan analisis SDMP
Hari dan tanggal       : Sabtu, 5 oktober 2013
Pertemuan ke-           : 5(lima)
Sub pokok bahasan
Tujuan
·         Pentingnya pengembangan
·         Tujuan pengembangan
·         Metode-metode pengembangan sdm pendidikan
·         Perlu dilakukan evaluasi prestasi sdm pendidikan
·         Prinsip pngenmbangan
·         Program pengembangan
Agar dapat mampu memahami dan menjelaskan pentingnya pengembangan, tujuan dari pengembangan, mampu memahami metode-metode pengembangan SDM pendidikan, serta mampu memahami evaluasi prestasi SDM pendidikan
Mampu memahami prinsip-prinsip pengembangan seperti apa, serta mampu menjelaskan apa-apa saja program pemgembangan sumbser daya manusia







Pokok Bahasan         : Penempatan dan pengembangan SDM
Hari dan tanggal       : Sabtu, 12 oktober 2013
Pertemuan ke-           : 6(enam)
Dosen                          : Prof. Dr. Bambang S
Sub pokok bahasan
Tujuan
·         Definisi penempatan SDM
·         Factor yang mempengaruhi penempatan SDM
·         Prosedur penempatan SDM
·         Tujuan penempatan SDM
·         Prinsip-prinsip penempatan SDM
Untuk mengetahui dan memahami definisi dari penempatan SDM, faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi penempatan SDM, mampu memahami bagaimana prosedur penempatan SDM, tujuan penempatan SDM serta mampu memahani dan menjelaskan prinsip-prinsip SDM


Pokok Bahasan         : SDM Pendidikan guru profesional
Hari dan tanggal       : Sabtu, 19 oktober 2013
Pertemuan ke-           : 7(tujuh)
Sub pokok bahasan
Tujuan
·         guru profesioal
·         perencanaan pegawai
·         pengadaan pegawai
·         pembinaan dan pengembangan pegawai
·         promosi dan mutasi
·         pemberhentian pegawai
·         kompensasi dan
·         penilaian pegawai
Mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan criteria-kriteria untuk menjadi seorang guru profesional, mampu memahami prencanaan pegawai, pengadaan pegawai, pembinaan pengembangan pegawai, promosi dan mutasi pegawai bahkan pemberhentian pegawai, serta memahami kompensasi dan penilaian seorang pegawai.


Bengkulu,     Oktober 2013

Penyusun


Tidak ada komentar:

Posting Komentar