MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIDKAN
KOMPILASI
MATA KULIAH
Disampaikan untuk Memenuhi Sebagian dari
Syarat
Menempuh Mata Kuliah Manajemen Sumber
Daya Manusia Pendididkan
Program Studi Magister/Manajemen
Pendidikan
PPs FKIP Universitas Bengkulu Semester 2
Tahun Akademik 2013/1014
Dosen Dr. Aliman, M.Pd
Oleh
JON SASTRO
PROGRAM
STUDI
MAGISTER
ADMINISTRASI/MANAJEMEN PENDIDIKAN
PROGRAM
PASCASARJANA FKIP
UNIVERSITAS
BENGKULU
2013
Kompilasi
Mata Kuliah
I.
Identitas Mata Kuliah
Mata
Kuliah : Manajemen Sumber
Daya Manusia Pendidikan (MSDMP)
Bobot
SKS : 3 (Tiga) SKS
Semester : 2 (dua)
Waktu
Pertemuan : 3x50 menit
Dosen
: Dr. Aliman,
M.Pd.
II.
Manfaat mata kuliah
Mata
kuliah manajemen SDM pendidikan memberikan wawasan tentang konsep dasar tentang
manajemen SDM pendidikan, manajemen SDM berbasis hubungan manusia, proses
manajemen SDM, implementasi SDM pendidikan, Pengembangan dan analisis SDM
pendidikan, Penempatan dan pengembangan SDM, dan SDM Pendidikan guru
professional.
III.
Deskripsi
Mata
kuliah ini mengandung materi Pengantar manajemen SDM pendidikan, manajemen SDM
berbasis hubungan manusia, proses manajemen SDM, implementasi SDM pendidikan,
Pengembangan dan analisis SDM pendidikan, Penempatan dan pengembangan SDM, dan
SDM Pendidikan guru professional.
IV.
Standar kompetensi
Setelah
menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu, 1) memahami pengertian,
pentingnya serta fungsi dari manajemen SDM pendidikan, 2) memahami manajemen
SDM berbasis hubungan manusia, 3) memahami bagaimana proses manajemen SDM, 4)
mengimplementasikan SDM pendidikan, 5) mengembangankan dan menganalisis SDM
pendidikan, 6) mampu memahami Penempatan dan pengembangan SDM, dan 7) memahami
criteria-kriteria SDM Pendidikan untuk mewujudkan guru professional.
V.
Strategi perkuliahan
Strategi perkuliahan yang
digunakan yaitu dengan metode perkuliahan yang menyenangkan, menantang,
dan bervariasi.
VI.
Sistem
penilaian
Jenis Penilaian
Ø
Kehadiran dan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan Penugasan kepada
mahasiswa berupa:
Ø
Membuat tugas individu
yaitu mendesain kompilasi mata kuliah manajemen sumber daya manusia pendidikan
Ø
Ujian Tengah Semester (UTS)
Ø
Ujian Akhir Semester (UAS)
Pembobotan Nilai
Ø
Kehadiran dan partisipasi dalam kuliah 5 %
Ø
Tugas 30 %
Ø
Ujian Tengah Semester (UTS) 30 %
Ø
Ujian Akhir Semester (UAS) 35 %
Ø
Jumlah pembobotan penilaian 100 %
VII.
Rincian materi perkuliahan tiap
pertemuan
Pokok
Bahasan : Pengantar MSDMP
Hari
dan tanggal : Jumat, 6 september
2013
Pertemuan
ke- : 1(satu)
Sub pokok bahasan
|
Tujuan
|
·
Pengertian
dan pentingnya manejemen
·
Pengertian
dan pentingnya SDM
·
Pengertian
dan pentingnya Pendidikan
·
Fungsi
manajemen SDM
|
·
Dapat
memahami arti dan pentingnya suatu manajemen, arti dan pentingnya SDM, serta
arti dan pentingnya sebuah pendidikan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Sehingga setelah memahami arti dan pentingnya manajemen sumber daya manusia
pendidikan dapat terwujudnya SDM yang berkualitas.
·
mampu menelaah sumbangan manajemen SDM sebagai sub sistem dari
system organisasi terhadap pencapaian tujuan organisasi.
·
Dan juga memahami fungsi dan kegiatan manajemen SDM
|
Pokok
Bahasan : MSDM berbasis hubungan
manusia
Hari
dan tanggal : Sabtu, 14 september
2013
Pertemuan
ke- : 2(dua)
Sub pokok bahasan
|
Tujuan
|
Pendekatan terhadap manajemen SDM
pendidikan
·
Diagnosis
·
Evaluasi
·
Desain
·
Implementasi
|
·
Mampu
memahami dan menjelaskan analisis lingkungan, pekerjaan, memahami kebutuhan-kebutuhan
atau kelemahan-kelemahan di dalam sistem yang ada sekarang.
·
Mampu
memahami suatu proses evaluasi seperti, Menentukan kriteria yang relevan, Menilai
praktik-praktik yang berjalan serta Menilai kecanggihan praktik-praktik
berlangsung.
·
Mampu
menjelaskan dalam mengintegrasikan kecanggihan praktik- praktik yang ada dan
dapat mengidentifikasi peran computer
serta memahami dalm memformulasikan sistem yang komprehensif.
·
Dapat
memahami dalam menentukan orang-orang yang bertanggungjawab dan mampu memformulasikan
rencana-rencana untuk memantau aplikasi
|
Pokok
Bahasan : proses MSDM
Hari
dan tanggal : Sabtu, 21 september
2013
Pertemuan
ke- : 3(tiga)
Sub pokok bahasan
|
Tujuan
|
·
Pengadaan
SDM
·
Pemeliharaan
SDM
·
Pengembangan
SDM
|
·
Mampu
memahami kegiatan recruitment, mulai dari perencanaa, pengumuman, pelamaran,
penyaringan sampai dengan pengangkatan dan penempatan.
·
Mampu
memahami maintenance SDM yang merupakan tanggung jawab pemimpin seperti
tujuan dari pemeliharaan.
·
Mampu
memahami bagaimana tahap ke tahap dalam mengembangkan SDM dengan melalui
pedidikan dan pelatihan.
|
Pokok
Bahasan : implementasi SDMP
Hari
dan tanggal : Sabtu, 28 september
2013
Pertemuan
ke- : 4(empat)
Sub pokok bahasan
|
Tujuan
|
·
Tujuan
manajemen SDM
·
Tingkat
keberhasilan pemimpin
·
Fungsi
personalia pemimpin
|
·
Mampu
memahami dari tujuan manajemen sumber daya manusia
·
Memahami
memahami tingkat keberhasilan dari seorang pemimpin dalam mengelola tenaga
kependidikan yang ada di sekolah/lembaga
·
Dapat
menyebutkan kriteria-kriteria fungsi personalia seorang pemimpin
|
Pokok
Bahasan : Pengembangan dan
analisis SDMP
Hari
dan tanggal : Sabtu, 5 oktober 2013
Pertemuan
ke- : 5(lima)
Sub pokok bahasan
|
Tujuan
|
·
Pentingnya
pengembangan
·
Tujuan
pengembangan
·
Metode-metode
pengembangan sdm pendidikan
·
Perlu
dilakukan evaluasi prestasi sdm pendidikan
·
Prinsip
pngenmbangan
·
Program
pengembangan
|
Agar
dapat mampu memahami dan menjelaskan pentingnya pengembangan, tujuan dari
pengembangan, mampu memahami metode-metode pengembangan SDM pendidikan, serta
mampu memahami evaluasi prestasi SDM pendidikan
Mampu
memahami prinsip-prinsip pengembangan seperti apa, serta mampu menjelaskan
apa-apa saja program pemgembangan sumbser daya manusia
|
Pokok
Bahasan : Penempatan dan
pengembangan SDM
Hari
dan tanggal : Sabtu, 12 oktober 2013
Pertemuan
ke- : 6(enam)
Dosen : Prof. Dr. Bambang S
Sub pokok bahasan
|
Tujuan
|
·
Definisi
penempatan SDM
·
Factor
yang mempengaruhi penempatan SDM
·
Prosedur
penempatan SDM
·
Tujuan
penempatan SDM
·
Prinsip-prinsip
penempatan SDM
|
Untuk mengetahui dan memahami
definisi dari penempatan SDM, faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi
penempatan SDM, mampu memahami bagaimana prosedur penempatan SDM, tujuan
penempatan SDM serta mampu memahani dan menjelaskan prinsip-prinsip SDM
|
Pokok
Bahasan : SDM Pendidikan guru
profesional
Hari
dan tanggal : Sabtu, 19 oktober 2013
Pertemuan
ke- : 7(tujuh)
Sub pokok bahasan
|
Tujuan
|
·
guru
profesioal
·
perencanaan
pegawai
·
pengadaan
pegawai
·
pembinaan
dan pengembangan pegawai
·
promosi
dan mutasi
·
pemberhentian
pegawai
·
kompensasi
dan
·
penilaian
pegawai
|
Mampu
mengetahui, memahami dan menjelaskan criteria-kriteria untuk menjadi seorang
guru profesional, mampu memahami prencanaan pegawai, pengadaan pegawai,
pembinaan pengembangan pegawai, promosi dan mutasi pegawai bahkan
pemberhentian pegawai, serta memahami kompensasi dan penilaian seorang
pegawai.
|
|
Bengkulu, Oktober 2013
Penyusun
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar