MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIDKAN
KOMPILASI
MATA KULIAH
Disampaikan untuk Memenuhi Sebagian dari
Syarat
Menempuh Mata Kuliah Manajemen Sumber
Daya Manusia Pendididkan
Program Studi Magister/Manajemen
Pendidikan 
PPs FKIP Universitas Bengkulu Semester 2
Tahun Akademik 2013/1014
Dosen Dr. Aliman, M.Pd
|  | |||||
|  |  | ||||
Oleh
JON SASTRO
PROGRAM
STUDI 
MAGISTER
ADMINISTRASI/MANAJEMEN PENDIDIKAN 
PROGRAM
PASCASARJANA FKIP
UNIVERSITAS
BENGKULU
2013
Kompilasi
Mata Kuliah
I.                  
Identitas Mata Kuliah
Mata
Kuliah              : Manajemen Sumber
Daya Manusia Pendidikan (MSDMP)
Bobot
SKS                 : 3 (Tiga) SKS
Semester                     : 2 (dua)
Waktu
Pertemuan     : 3x50 menit
Dosen
                         : Dr. Aliman,
M.Pd.
II.               
Manfaat mata kuliah
Mata
kuliah manajemen SDM pendidikan memberikan wawasan tentang konsep dasar tentang
manajemen SDM pendidikan, manajemen SDM berbasis hubungan manusia, proses
manajemen SDM, implementasi SDM pendidikan, Pengembangan dan analisis SDM
pendidikan, Penempatan dan pengembangan SDM, dan SDM Pendidikan guru
professional.
III.            
Deskripsi 
Mata
kuliah ini mengandung materi Pengantar manajemen SDM pendidikan, manajemen SDM
berbasis hubungan manusia, proses manajemen SDM, implementasi SDM pendidikan,
Pengembangan dan analisis SDM pendidikan, Penempatan dan pengembangan SDM, dan
SDM Pendidikan guru professional.
IV.            
Standar kompetensi 
Setelah
menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu, 1) memahami pengertian,
pentingnya serta fungsi dari manajemen SDM pendidikan, 2) memahami manajemen
SDM berbasis hubungan manusia, 3) memahami bagaimana proses manajemen SDM, 4)
mengimplementasikan SDM pendidikan, 5) mengembangankan dan menganalisis SDM
pendidikan, 6) mampu memahami Penempatan dan pengembangan SDM, dan 7) memahami
criteria-kriteria SDM Pendidikan untuk mewujudkan guru professional.
V.               
Strategi perkuliahan
Strategi perkuliahan yang
digunakan yaitu dengan metode perkuliahan yang menyenangkan,   menantang,  
dan   bervariasi.
VI.            
Sistem
penilaian 
Jenis Penilaian
Ø 
Kehadiran dan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan Penugasan kepada
mahasiswa berupa:
Ø 
Membuat tugas individu
yaitu mendesain kompilasi mata kuliah manajemen sumber daya manusia pendidikan 
Ø 
Ujian Tengah Semester (UTS)
Ø 
Ujian Akhir Semester (UAS)
Pembobotan Nilai
Ø 
Kehadiran dan partisipasi dalam kuliah     5 %
Ø 
Tugas                                                        30 %
Ø 
Ujian Tengah Semester (UTS)                 30 %
Ø 
Ujian Akhir Semester (UAS)                   35 %
Ø 
Jumlah pembobotan penilaian                100 %
VII.         
Rincian materi perkuliahan tiap
pertemuan
Pokok
Bahasan         : Pengantar MSDMP
Hari
dan tanggal       : Jumat, 6 september
2013
Pertemuan
ke-           : 1(satu)
| 
Sub pokok bahasan | 
Tujuan | 
| 
·        
  Pengertian
  dan pentingnya manejemen 
·        
  Pengertian
  dan pentingnya SDM 
·        
  Pengertian
  dan pentingnya Pendidikan 
·        
  Fungsi
  manajemen SDM | 
·        
  Dapat
  memahami arti dan pentingnya suatu manajemen, arti dan pentingnya SDM, serta
  arti dan pentingnya sebuah pendidikan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
  Sehingga setelah memahami arti dan pentingnya manajemen sumber daya manusia
  pendidikan dapat terwujudnya SDM yang berkualitas.  
·        
  mampu menelaah sumbangan manajemen SDM sebagai sub sistem dari
  system organisasi terhadap pencapaian tujuan organisasi.  
·        
  Dan juga memahami fungsi dan kegiatan manajemen SDM | 
Pokok
Bahasan         : MSDM berbasis hubungan
manusia
Hari
dan tanggal       : Sabtu, 14 september
2013
Pertemuan
ke-           : 2(dua)
| 
Sub pokok bahasan | 
Tujuan | 
| 
Pendekatan terhadap manajemen SDM
  pendidikan 
·        
  Diagnosis 
·        
  Evaluasi 
·        
  Desain 
·        
  Implementasi  | 
·        
  Mampu
  memahami dan menjelaskan analisis lingkungan, pekerjaan, memahami kebutuhan-kebutuhan
  atau kelemahan-kelemahan di dalam sistem yang ada sekarang. 
·        
  Mampu
  memahami suatu proses evaluasi seperti, Menentukan kriteria yang relevan, Menilai
  praktik-praktik yang berjalan serta Menilai kecanggihan praktik-praktik
  berlangsung. 
·        
  Mampu
  menjelaskan dalam mengintegrasikan kecanggihan praktik- praktik yang ada dan
  dapat  mengidentifikasi peran computer
  serta memahami dalm memformulasikan sistem yang komprehensif. 
·        
  Dapat
  memahami dalam menentukan orang-orang yang bertanggungjawab dan mampu memformulasikan
  rencana-rencana untuk memantau aplikasi | 
Pokok
Bahasan         : proses MSDM
Hari
dan tanggal       : Sabtu, 21 september
2013
Pertemuan
ke-           : 3(tiga)
| 
Sub pokok bahasan | 
Tujuan | 
| 
·        
  Pengadaan
  SDM 
·        
  Pemeliharaan
  SDM 
·        
  Pengembangan
  SDM | 
·        
  Mampu
  memahami kegiatan recruitment, mulai dari perencanaa, pengumuman, pelamaran,
  penyaringan sampai dengan pengangkatan dan penempatan. 
·        
  Mampu
  memahami maintenance SDM yang merupakan tanggung jawab pemimpin seperti
  tujuan dari pemeliharaan. 
·        
  Mampu
  memahami bagaimana tahap ke tahap dalam mengembangkan SDM dengan melalui
  pedidikan dan pelatihan. | 
Pokok
Bahasan         : implementasi SDMP
Hari
dan tanggal       : Sabtu, 28 september
2013
Pertemuan
ke-           : 4(empat)
| 
Sub pokok bahasan | 
Tujuan | 
| 
·        
  Tujuan
  manajemen SDM 
·        
  Tingkat
  keberhasilan pemimpin 
·        
  Fungsi
  personalia pemimpin | 
·        
  Mampu
  memahami dari tujuan manajemen sumber daya manusia 
·        
  Memahami
  memahami tingkat keberhasilan dari seorang pemimpin dalam mengelola tenaga
  kependidikan yang ada di sekolah/lembaga 
·        
  Dapat
  menyebutkan kriteria-kriteria fungsi personalia seorang pemimpin | 
Pokok
Bahasan         : Pengembangan dan
analisis SDMP
Hari
dan tanggal       : Sabtu, 5 oktober 2013
Pertemuan
ke-           : 5(lima)
| 
Sub pokok bahasan | 
Tujuan | 
| 
·        
  Pentingnya
  pengembangan 
·        
  Tujuan
  pengembangan 
·        
  Metode-metode
  pengembangan sdm pendidikan 
·        
  Perlu
  dilakukan evaluasi prestasi sdm pendidikan 
·        
  Prinsip
  pngenmbangan 
·        
  Program
  pengembangan | 
Agar
  dapat mampu memahami dan menjelaskan pentingnya pengembangan, tujuan dari
  pengembangan, mampu memahami metode-metode pengembangan SDM pendidikan, serta
  mampu memahami evaluasi prestasi SDM pendidikan 
Mampu
  memahami prinsip-prinsip pengembangan seperti apa, serta mampu menjelaskan
  apa-apa saja program pemgembangan sumbser daya manusia | 
Pokok
Bahasan         : Penempatan dan
pengembangan SDM
Hari
dan tanggal       : Sabtu, 12 oktober 2013
Pertemuan
ke-           : 6(enam)
Dosen                          : Prof. Dr. Bambang S
| 
Sub pokok bahasan | 
Tujuan | 
| 
·        
  Definisi
  penempatan SDM 
·        
  Factor
  yang mempengaruhi penempatan SDM 
·        
  Prosedur
  penempatan SDM 
·        
  Tujuan
  penempatan SDM 
·        
  Prinsip-prinsip
  penempatan SDM | 
Untuk mengetahui dan memahami
  definisi dari penempatan SDM, faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi
  penempatan SDM, mampu memahami bagaimana prosedur penempatan SDM, tujuan
  penempatan SDM serta mampu memahani dan menjelaskan prinsip-prinsip SDM | 
Pokok
Bahasan         : SDM Pendidikan guru
profesional
Hari
dan tanggal       : Sabtu, 19 oktober 2013
Pertemuan
ke-           : 7(tujuh)
| 
Sub pokok bahasan | 
Tujuan | 
| 
·        
  guru
  profesioal 
·        
  perencanaan
  pegawai 
·        
  pengadaan
  pegawai 
·        
  pembinaan
  dan pengembangan pegawai 
·        
  promosi
  dan mutasi 
·        
  pemberhentian
  pegawai 
·        
  kompensasi
  dan 
·        
  penilaian
  pegawai | 
Mampu
  mengetahui, memahami dan menjelaskan criteria-kriteria untuk menjadi seorang
  guru profesional, mampu memahami prencanaan pegawai, pengadaan pegawai,
  pembinaan pengembangan pegawai, promosi dan mutasi pegawai bahkan
  pemberhentian pegawai, serta memahami kompensasi dan penilaian seorang
  pegawai. | 
|  | 
Bengkulu,     Oktober 2013 
Penyusun | 

 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar