BELAJAR
DAN PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN SMA NEGERI 1 CURUP BENGKULU
DISUSUN OLEH:
JON SASTRO
0821110047
2C
DOSEN PEMBIMBING
Drs.SUHIRMAN M.Pd
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Bahasa Inggris
Universitas Muhamadiyah Bengkulu
2009
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan kepada Allah swt atas berkat rahmat dan karunianNya saya
dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul metode pembelajaran SMA N 1 Curup.
Dalam
makalah ini saya menjabarkan metode-metode apa saja yang digunakan SMA N 1 Curup
dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA N 1 Curup.
Saya
menyadari dalam makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga masih banyak
kekurangan baik materi maupun penulisannya. Oleh karena itu kritik dan saran
yang bersifat membangun sangat saya harapkan .
Harapan
saya semoga makalah ini dapat memberi manfaat bagi pembaca yang membutuhkan.
Bengkulu,
juni 2009
penulis
DAFTAR ISI
Kata pengantar........................................................................................................
i
Daftar
isi................................................................................................................
.ii
Bab I
Pendahuluan
a. Latar
belakang.................................................................................................
iii
b. Rumusan
masalah............................................................................................
iii
c. Tujuan..............................................................................................................
iii
Bab II
Pembahasan
a.
Sejarah dan riwayat SMA N 1 Curup...............................................................1
b.
Visi dan Misi SMA N 1 Curup.........................................................................3
c.
Metode pembelajaran SMA N 1 Curup............................................................4
Bab III
Penutup
a.
Kesimpulan dan saran............................................................................................
7
b.
Daftar
pustaka.......................................................................................................
8
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah
dan riwayat SMA N 1 Curup
SMA Negeri 1 Curup
|
|
Informasi
|
|
Didirikan
|
|
Jenis
|
Negeri
|
Kepala Sekolah
|
Riduan
Edi, S.Pd. (2007-........)
|
Jumlah kelas
|
6 atau 7
kelas setiap tingkat
|
Program jurusan
|
|
Rentang kelas
|
X (X.1 -
X.7), XI IPA (XI IPA.1 - XI IPA.4) , XI IPS (XI IPS.1 - XI IPS.3), XII IPA
(XII IPA.1 - XII IPA.5), XII IPS (XII IPS.1 - XII IPS.2)
|
Kurikulum
|
|
Jumlah siswa
|
840 siswa
(40 siswa per kelas)
|
Nilai masuk terendah
|
18,25 (2007)
|
Nilai masuk tertinggi
|
25,92 (2007)
|
Nilai masuk rata-rata
|
20,0 (2007)
|
Alamat
|
|
Lokasi
|
Dwi
tunggal
|
Telp./Fax
|
(0732) 21512
|
SMA Negeri 1 Curup, atau dikenal sebagai SMANSA Curup merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada
di provinsi
Bengkulu,
Indonesia.
Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia
masa pendidikan
sekolah
di SMAN 1 Curup ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari kelas X
sampai kelas XII. Sekolah
ini didirikan pada 1 Agustus 1958,
yang berlokasi di jl. Basuki Rahmat No. 1, rejang lebong.
SMA N 1 Curup bertujuan untuk
meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas dan menjunjung tinggi pancasila
sebagai dasar negara Indonesia.Pada tahun 2007,
sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) sebelumnya dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi
(KBK).
Fasilitas
Berbagai fasilitas dimiliki SMA Negeri 1 Curup untuk
menunjang kegiatan belajar-mengajar. Fasilitas tersebut
antara lain;
Fasilitas lain seperti;
kantor, koridor, aula, kantin, koprasi, lapangan, WC,
dan sebagainya.
Sparta
Jarpala Hiking Club (SJHC)
Dan
sebagainya.
Visi
Sekolah :
v Sekolah ber-Wawasan Wiyatamandala
yang unggul dalam prestasi dan berakar pada budaya bangsa dengan berlandaskan
iman dan taqwa.
Indikator :
1) Warga sekolah peduli Lingkungan.
2) Unggul dalam lomba Wawasan Wiyata
Mandala.
3) Unggul dalam perolehan nilai
Ujian Akhir Nasional.
4) Unggul dalam persaingan
melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri/Swasta favorit.
5) Unggul dalam Seleksi Pra
Olimpiade Mata Pelajaran/sejenisnya.
6) Unggul dalam kemampuan/lomba
Bahasa Inggris.
7) Unggul dalam lomba Karya Ilmiah.
8) Unggul dalam lomba Olah Raga.
9) Unggul dalam kedisiplinan.
10) Unggul dalam aktifitas seni.
11) Unggul dalam aktifitas keagamaan.
Misi Sekolah :
Ø Mengembangkan lingkungan sekolah
sebagai wiyata mandala yang berwawasan lingkungan dan bernuansa religius.
Ø Mengembangkan dan melaksanakan
proses pendidikan dan pelatihan melalui pembelajaran yang berkualitas sesuai
dengan kondisi dan tuntutan riil masyarakat dan perkembangan IPTEK.
Ø Menumbuhkembangkankan semangat
keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
Ø Membina dan meningkatkan prestasi
dalam bidang ekstra kurikuler yang sesuai dengan potensi yang dimiliki dan
ekskul untuk pengembangan budaya daerah.
B.Metode
Pembelajaran SMA N 1 Curup
1.
KTSP
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah sebuah kurikulum yang
diterapkan SMA N 1 Curup sejak 2007. dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan
Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Pada prinsipnya, KTSP merupakan bagian yang
tidak terpisahkan dari SI, namun pengembangannya diserahkan kepada sekolah agar
sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. KTSP terdiri dari tujuan
pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat
satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.
Standar isi adalah ruang lingkup
materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam persyaratan kompetensi
tamatan, kompetensi bahan kajian kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus
dipenuhi peserta didik pada jenjang dan jenis
pendidikan tertentu. Standar isi merupakan pedoman untuk pengembangan kurikulum
tingkat satuan pendidikan.
SKL digunakan sebagai pedoman
penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. SKL
meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran.
Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah
disepakati.
2.
Pembelajaran remedial
SMA 1 Curup menerapkan pembelajaran
remedial yang berupa tes ulang bagi peserta
didik yang belum mencapai kemampuan minimal yang ditetapkan dalam rencana
pelaksanaan pembelajaran, hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah peserta
didik telah mencapai ketuntasan dalam penguasaan kompetensi yang telah
ditentukan.
Dalam
memberikan pembelajaran remedial perlu dipertimbangkan kapan pembelajaran
tersebut diberikan. Sesuai dengan prinsip maka pembelajaran remedial dapat
diberikan kepada peserta didik. Untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta
didik setelah menempuh remedial, perlu diberikan tes ulang. Yang jelas nilai remedial tidak boleh melebihi nilai SKL.
Pemberian program pembelajaran remedial didasarkan atas latar belakang bahwa
pendidik perlu memperhatikan perbedaan individual peserta didik.
3. Presentasi kelompok
Pada mata pelajaran tertentu seperti PKN, Sosiologi, Sejarah dan
sebagainya, kerap kali menggunakan metode diskusi, dimana seorang pendidik
dapat membagi kelompok sesuai dengan jumlah KD. setelah kelompok telah terbagi
secara objektif, pendidik akan memberi bahan untuk didiskusikan pada minggu
berikutnya, dalam metode ini pendidik sebagai pengamat dan memancing peserta
didik untuk lebih aktif, dan pendidik akan memberi 2 alternatif penilaian, yang
pertama nilai kelompok dan yang kedua nilai individu.
Peran
pendidik berusaha membantu peserta didik agar berpartisipasi aktif, serta memberikan
kesempatan yang cukup bagi peserta didik untuk, kreativitas,dan kemandiriannya,
sehingga pendidik perlu memberikan bimbingan secara individual. hal ini
merupakan implikasi peran pendidik sebagai tutor.
Disamping
itu SMA 1 Curup juga melaksanakan pembelajaran menggunakan berbagai metode
seperti ceramah, praktik, latihan soal,
tepat cermat, dsb. Melengkapi metode pembelajaran digunakan juga berbagai
media seperti media video, komputer,
dsb. Di tengah pelaksanaan pembelajaran atau pada saat kegiatan pembelajaran
sedang berlangsung, pendidik mengadakan penilaian dengan tujuan untuk
mengetahui kemajuan belajar serta seberapa jauh penguasaan peserta didik
terhadap kompetensi yang telah atau sedang dipelajari.
Pada
akhir program pembelajaran, diadakan penilaian yang lebih formal berupa ulangan
harian. Ulangan harian dimaksudkan untuk menentukan tingkat pencapaian belajar
peserta didik, apakah seorang peserta didik gagal atau berhasil mencapai
tingkat penguasaan materi tertentu. dalam penilaian SMA 1 Curup hanya mengambil
nilai ulangan harian dengan kata lain SMA 1 Curup tidak mengadakan ulangan semester dan akhir semester. tiga alternatif
penilaian yaitu: penilaian tertulis, penilaian praktik dan penilaian sikap.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan dan Saran
Setelah
kita membaca dan mempelajari isi makalah ini kita dapat menyimpulkan bahwa SMA
N 1 Curup menerapkan kurikulum KTSP dan juga menerapkan metode remidial, hal
ini dapat membangun untuk lebih meningkatkan kualitas belajar. dan kita tahu peserta didik memiliki kemampuan dan karakteristik yang
berbeda-beda. Sesuai dengan kemampuan dan karakteristik yang berbeda-beda
tersebut maka permasalahan yang dihadapi berbeda-beda pula. Dalam melaksanakan
pembelajaran, pendidik perlu tanggap terhadap kesulitan yang dihadapi peserta
didik.
Dan saya selaku pembuat
makalah sangat mengharapkan agar para pembaca bukan hanya membacanya saja
tetapi bagaimana cara kita memahami dan menerapkan metode belajar yang lebih
baik..
Akhir
kata saya ucapkan terima kasih.
DAFTAR PUSTAKA
Wikipedia. 23 Mei 2009. Download 09 juni 2009. SMA Negeri 1 Curup Bengkulu. http//www. google.com.
terimakasih informasinya apakan ada Lowongan Kerja Lampung yang masih dibuka, yang kemarin ada bukaan loker cpns dan loker bumn karna saya mau resign dari jasa intro video karna sudah lama bekerja sebagai jasa edit video terimakasih pak.
BalasHapus