MAKALAH
MODEL
INOVASI PENGELOLAAN
PENDIDIKAN
BERKARAKTER PADA SMPN 8 KOTA BENGKULU
Disampaikan
untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat
Menempuh
Mata Kuliah Inovasi Pengelolaan Pendidikan
Program
Studi Magister / Manajemen Pendidikan
PPs
FKIP Universitas Bengkulu Semester 2
Tahun Akademik 2013/2014
Dosen
: Dr. Osa Juarsa, M.Pd
Oleh
JON SASTRO
PROGRAM
STUDI
MAGISTER
ADMINISTRASI/MANAJEMEN PENDIDIKAN
PROGRAM
PASCASARJANA FKIP
UNIVERSITAS
BENGKULU
2013
KATA
PENGANTAR
Bismillahirramanirrahim
Assalamualaikum wr.wb
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya Makalah
tentang model inovasi pengelolaan pendidikan berkarakter. Dengan adanya Makalah
ini kita dapat mengetahui pengertian Inovasi dan dapat membuat inovasi sendiri tentang Pendidikan.
Penulisan
makalah ini adalah salah satu tugas mata Kuliah Inovasi Pengelolaan Pendidikan
Dalam penulisan makalah ini kami merasa masih banyak kekurangan baik dalam
teknis penulisan maupun materi, mengingat kemampuan yang dimiliki kami. Serta
kami mengucapkan banyak terima kasih untuk pihak-pihak yang telah membantu
kami. Semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal kepada mereka yang telah
memberikan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung. Amin Yaa Rabbal
‘Alamiin.
Wassalamualaikum
wr.mb
Bengkulu, September 2013
Tim
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ........................................................................................... i
DAFTAR
ISI ........................................................................................................... ii
TABEL
.................................................................................................................... iii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang .............................................................................................. 1
B.
Tujuan
Inovasi .............................................................................................. 2
C.
Manfaat
Inovasi ............................................................................................ 3
BAB
II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Inovasi....................................................................................... 4
B.
Inovasi pendidikan berkarakter di SMP N 8 kota Bengkulu......................... 5
C.
Kelebihan
dan Kekurangan........................................................................... 6
D.
Gagasan
perbaikan......................................................................................... 6
BAB
III PENUTUP
A.
Kesimpulan.................................................................................................... 7
B.
Saran
............................................................................................................. 7
DAFTAR
PUSTAKA ............................................................................................ 8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat
merambah kedalam berbagai aspek kehidupan tanpa terkecuali dalam bidang
pendidikan merupakan suatu upaya untuk menjembatani masa sekarang dan masa yang
akan datang dengan jalan memperkenalkan pembaharuan-pembaharuan yang membawa
kecenderungan menuju efisiensi dan efektifitas.
Suatu pembaharuan berjalan seiring dengan perputaran
zaman yang tidak ada hentinya dan terus berputar sesuai dengan batas waktu yang
ditentukan. Dalam hal ini kebutuhan mengenai layanan individual terhadap
peserta didik dan segala macam perbaikan terhadap kesempatan belajar bagi
mereka telah menjadi faktor pendorong utama timbulnya suatu pembaharuan dalam
pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam suatu instansi atau lembaga
pendidikan harus mampu mengatasi perkembangan tersebut dengan selalu
mengupayakan suatu program yang sesuai dengan perkembangan anak, perkembangan
zaman, situasi, kondisi dan kebutuhan peserta didik.
Salah
Satu Inovasi Pendidikan di Indonesia adalah pendidikan Berkarakter. Pendidikan berkarakter adalah suatu sistem penanaman nilai
– nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan,
kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai – nilai baik
terhadap Tuhan Yang Maha Esa diri sendiri , sesama lingkungan.
Dan Berdasarkan tujuan pendidikan NasionaL bahwa Pendidikan
disetiap jenjang termasuk sekolah menengah pertama ( SMP ) harus
diselenggarakan secara sistematis guna mencapai suatu tujuan. Hal tersebut
berkaitan dengan pebentukan karakter peserta didik khususnya SMPN Negeri 8 Kota
Bengkulu sehingga mampu bersaing , beretika , bermoral , sopan santun dan
berinteraksi dengan masyarakat.
Pendidikan berkarakter adalah suatu sistem penanaman nilai –
nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan,
kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai – nilai baik
terhadap Tuhan Yang Maha Esa diri sendiri , sesama lingkungan.
B.
Tujuan
Inovasi
Tujuan
utama dari inovasi pendidikan adalah berusaha meningkatkan kemampuan yakni
kemampuan dari sumber-sumber tenaga, uang, sarana dan prasarana temasuk
struktur dan prosedur organisasi agar semua tujuan yang telah direncanakan
dapat dicapai secara optimal. Tujuan
Inovasi Yaitu :
1. Memotivasi
kesadaran pribadi dari setiap warga SMP Negeri 8 Kota Khususnya Siswa/ Siswi
SMPN 8.
2. Memotivasi
Siswa Penting Kebersihan
C.
Mamfaat
Inovasi
Manfaat
diadakannya inovasi diantaranya dapat memperbaiki keadaan sebelumnya kearah
yang lebih baik, mendorong untuk terus mengembangkan pengetahuan dan wawasan,
menumbuhkembangkan semangat dalam belajar.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Inovasi
Pendidikan
Pengertian Inovasi pendidikan ialah suatu perubahan yang
baru dan bersifat kualitatif, berbeda dari hal yang ada sebelumnya serta
sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan dalam rangka pencapaian tujuan
tertentu pendidikan.
Maksud dari kata “baru” dalam pengertian tersebut adalah
apa saja yang belum dipahami, diterima, atau dilaksanakan oleh si penerima
inovasi meskipun mungkin bukan merupakan hal yang baru lagi bagi orang lain.
Sementara itu, maksud kata “kualitatif” adalah bahwa inovasi tersebut
memungkinkan adanya reorganisasi atau pengaturan kembali unsur – unsur dalam pendidikan.
Jadi, bukan semata – mata penambahan atau penjumlahan dari unsur – unsur
komponen yang ada sebelumnya.
Dalam kaitan ini Ibrahim (1989) mengatakan bahwa inovasi
adalah penemuan yang dapat berupa sesuatu ide, barang, kejadian, metode yang
diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang
(masyarakat). Maka dapat ditarik kesimpulan Ibahwa Inovasi pendidikan adalah
penemuan yang dapat berupa sesuatu ide, barang, kejadian, metode yang diamati
sebagai sesuatu hal yang baru bagi dunia pendidkan.
B.
Inovasi
Pendidikan Berkarakter di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu
Pelaksanaan berkarakter di SMP N 8 sebagai salah satu
inovasi dalam pembelajaran perlu segera dilakukan dengan melakukan berbagai
bentuk strategi khusus di tingkat sekolah. Hal ini diharapkan agar tujuan
pembelajaran dengan mengarah kepada pembentukan karakter dapat di capai yaitu
membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral,
bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi
ilmu dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang
Maha Esa berdasarkan Pancasila. Sehingga Strategi Pembelajaran Berkarakter
disekolah harus disusun dengan mengacu pada beberapa komponen yaitu strategi
Kegiatan Pembelajaran, Pengembangan budaya Sekolah dan Pusat Kegiatan Belajar,
kegiatan ekstrakurikuler, dan Kegiatan keseharian di rumah dan di masyarakat.
Sasaran pendidikan karakter bangsa adalah siswa – siswi SMPN
8 Kota Bengkulu warga sekolah yang meliputi para peserta didik, guru, karyawan,
dan pimpinan sekolah yang menjadi sasaran program ini. Melalui program ini
diharapkan kelulusan SMP Negeri 8 Kota Bengkulu memiliki keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkompetensi akademik yang utuh dan
terpadu sekaligus memiliki kepribadian bangsa yang sesuai norma – norma yang
berbudaya Indonesia.
Pelaksanaan karakter ( Nilai –nilai ) di SMP Negeri 8 sudah
dilaksanakan sejak bulan Januari 2010
sampai dengan sekarang yang meliputi 6 jenis karakter diantaranya :
1. Religius
2. Peduli Lingkungan
C.
Kelebihan
dan Kekurangan
·
Kelebihan
1. Terkendalinya perilaku menyimpang di kalangan pelajar.
2. menentukan bagi kualifikasi siswa dan sangat berpengaruh terhadap
keberhasilan atau kegagalan masa depan
·
Kekurangan
1. Perlengkapan
untuk sholat masih sangat minim misalnya Alat-alat Sholat, tempat berwudhu.
2. Musholah
belum memadai untuk jumlah siswa yang sebanyak 850 siswa
3. Bank
sampah belum standar.
D.
Gagasan
Perbaikan
1. Siswa
disuruh membawa alat sholat dari rumah seperti mukenah.
2. Tempat
sementara menggunakan tempat berwudhu guru dan TU.
3. Dilaksanakan setiap hari dengan jadwal sholat dan kegiatan
Imtaq yang telah disesuaikan.
4. Untuk sementara membuat lubang pengganti bank sampah
dikarenakan dana sekolah belum cukup.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pengertian Inovasi pendidikan disini ialah suatu
perubahan yang baru dan bersifat kualitatif, berbeda dari hal yang ada
sebelumnya serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan dalam rangka
pencapaian tujuan tertentu pendidikan.
Tujuan
utama dari inovasi pendidikan adalah berusaha meningkatkan kemampuan yakni
kemampuan dari sumber-sumber tenaga, uang, sarana dan prasarana temasuk
struktur dan prosedur organisasi agar semua tujuan yang telah direncanakan
dapat dicapai secara optimal.
Inovasi pendidikan sebagai usaha
perubahan pendidikan tidak bisa berdiri sendiri, tapi harus melibatakan semua
unsur yang terkait di dalamnya, seperti inovator, penyelenggara inovasi seperti
guru dan siswa.
B.
Saran
Dalam peyusunan makalah ini masih bayak
sekali terdapat kekurangan terutama dalam penulisan materi dan isi dari materi
makalah ini,untuk itu saran kami butuhkan.
DAFTAR PUSTAKA
Sudjana, Nana dan
Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
http://chan22.blogspot.com/2013/05/inovasi-pendidikan.html
http://smp8bkl.versi1.com/
http://masimamgun.blogspot.com/2010_11_01_archive.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar